Soal Razia Warteg Satpol PP, Rano Karno: Ini Hanyalah Persoalan Caranya Sajalah, Perdanya Ya, Gak Usah Dipersoalkan

By Admin


nusakini.com - Gubernur Banten Rano Karno, dalam rilisnya, Senin (20/6/2016) mengatakan, masalah razia terhadap para pedagang makanan yang buka di bulan Ramadan di wilayahnya, lebih kepada caranya saja. Soal regulasinya menurut Rano, secara substansi sudah baik. 

"Razia yang memicu polemik di tengah masyarakat itu hanya soal cara. Hal yang saya sesalkan, kenapa aturannya yang digugat dan dipersoalkan terus-menerus," kata Rano Karno. 

"Kita semua mestinya mendudukkan persoalan pada proporsinya. Kandungan perintah baik yang diterjemahkan melalui Perda harus diletakkan sesuai dengan proporsinya," pinta Rano. 

Dijelaskannya, semangat dari regulasi, hukum, dan aturan bukan untuk membatasi kebebasan, melainkan untuk memastikan kebebasan yang dimiliki setiap individu tidak sekonyong-konyong merusak dan meluluh lantakkan sendi dan pertalian sosial di tengah masyarakat. 

"Kalau mempersoalkan cara Satpol PP dalam menegakkan aturan, maka fokuslah pada caranya. Jangan lantas regulasi yang sudah benar hendak dihapuskan. Kalau ada seorang muslim bertindak tak benar, jangan berpikir Islam atau Al Qurannya yang salah. Itu sesat logika, namanya," tutup Rano.(ifm/mk)